20.4.13

The Ship That Sailed ~ anonymous

Tadi malam, menjelang tidur, tiba-tiba teringat judul sebuah puisi yang pernah gue dedikasikan untuk someone special, not in romantic way..
Untuk beberapa tahun that #1 gue jadikan 'jangkar' biar agak betah nangkring di suatu 'pelabuhan' demi membereskan urusan 'bongkar-muat' ilmu pengetahuan..
Awalnya, #1 tidak tahu menahu (tentu saja, seperti biasanya gue) tapi tidak terganggu (sepertinya, semoga).. Lambat laun #1 akhirnya tau (mungkin 'ngerasa', jadi pasti setelah gue kasih tau) dan tidak keberatan (malah jadi saling 'memanfaatkan' dalam arti positif)..
I have a good time with him.. Dan ketika tiba waktunya untuk 'berlayar mengarungi lautan kehidupan', gue merasa harus berterima kasih atas perannya dan kesediannya.. Pas pula dia akan berulang tahun, so sekalian lah dijadikan kado..
Gue hanya ngasih kado utk orang2 spesial, dan kado itu juga harus spesial.. Puter otak sana sini, keliling-keliling sana sini, ngumpulin ide sana sini, tiba2 out of the blue tampaklah sebuah kapal dalam botol..
Sebelumnya, sudah beberapa kali gue menulis tentang diri gue sebagai kapal.. Dan kapal itu cocok dengan niat dan maksud gue..
Kemudian, ketika sedang membuat kata-kata spesial yang cocok menyertainya (tentu saja kembali memutar otak sana sini dan mencari ide sana sini), gue tertarik dengan sebuah puisi.. Yang nulis anonim.. Beberapa kali disitir para nahkoda (baik kapal beneran maupun 'kapal kehidupan") dalam pidato mereka.. Isi puisi itu sangat pas sehingga gue gak perlu nambahin apa-apa lagi.. What a perfect gift !!!
Setelah bertahun-tahun, gue lupa sama pengalaman ini.. Gue bahkan lupa isi puisinya apa.. Yang gue ingat kesannya.. So, tadi malam begitu mendadak judulnya terlintas dan kenangan itu muncul lagi, gue Googling lah sana sini.. Yang muncul malah yang lain-lain, yang lebih happening.. Setelah beberapa click to open, read, then close in desperation, muncul lah dia mendadak kayak The Flying Dutchman.. Dan aku masih si Kapal... (^_^)

THE SHIP THAT SAILED 

I’d rather be the ship that sails 
And rides the billows wide and free 
Than be the ship that always fails 
To leave its port and go to sea 

I’d rather feel the sting of strife 
Where gales are born and tempests roar 
Than settle down to useless life 
And rot in dry dock on the shore 

I’d rather fight some mighty wave 
With honour in supreme command 
And fill a last well earned grave 
Than die at ease upon the sand 

I’d rather drive where storm winds blow 
And be the ship that always failed 
To make the ports where it would go 
Than be the ship that never sails 

No comments:

Post a Comment