20.8.12

Money Origami

Lebaran di Medan biasanya disertai dengan tradisi 'salam tempel' atau bagi-bagi angpau.. Sementara itu, saya tidak suka memberi uang tunai tapi ingin berbagi dengan saudara-saudara dekat.. Jadi, si otak yang cemerlang (^,~) ini pun diputar untuk mencari jalan tengah.. Setelah mutar sana sini, browsing sana sini, saya pun terdampar ke beberapa situs money origami.. Di situs ini ditampilkan beberapa petunjuk mengenai bagaimana melipat-lipat uang kertas menjadi bentuk-bentuk yang unik.. Kebanyakan uang yang dipakai adalah Dollar Amerika, jadi kalau pakai Rupiah Indonesia harus dicoba dan di-ubah-suai-kan sedikit.. Practice really makes perfect..
~ googling sendiri aja yah.. ada banyak kok.. 
Dengan begini, saya tidak merasa 'resah' karena yang saya beri adalah 'keterampilan' dan si uang tunai hanya berfungsi sebagai media pembelajaran saja.. Ide ini ternyata menarik minat saudara-saudara saya dan mereka minta diajarkan cara membuatnya.. Entah untuk kesenangan pribadi, entah untuk men-curi perhatian orang lain, entah untuk yang lain-lain.. Terserah lah, yang penting bagi saya adalah ketertarikan untuk belajar..
Sudah 8 Lebaran saya memberikan angpau seperti ini.. Berarti sudah 8 bentuk yang saya bagi-bagi ke saudara-saudara dekat.. Yang pernah saya buat itu Baju, Merak, Angsa, Gajah, Naga, Kincir Angin, Kupu-Kupu dan Hati.. Sayangnya, nggak tiap Lebaran saya ingat untuk mendokumentasikan 'how-to' nya (~.~') Dan baru Lebaran ini saya terpikir untuk mempublikasikannya.. Kalau (mendadak) rajin, yang sebelum-sebelumnya saya buat lagi deh.. Tapi gak janji.. Doain ajah yah.. (^_^)

Catatan: Kalau bingung, silahkan komen ya.. Ntar saya coba jelaskan sebisa mungkin..

Lebaran 2012 ~ The Windmill




Lebaran 2010 ~ The Flying Dragon




Lebaran 2009 ~ The Swan

Sementara ini dulu ya.. Akan di update kalau in-the-mood.. hehehehe..

Kalau punya link ke money origami lain, silahkan di share ya..

2 comments:

  1. Terima kasih.... Tahun ini saya buat kapal..... Sederhana tapi menarik.... Belum sempat di upload nih how to nya.... :)

    ReplyDelete